Pioner Sekolah Ramah Bakat di Kota Bontang

Foto untuk : Pioner Sekolah Ramah Bakat di Kota Bontang

SD-1 Yayasan Pupuk Kaltim

Pioner Sekolah Ramah Bakat di Kota Bontang

Mendidik dengan Cinta, melayani dengan Hati

 

Fakta menunjukkan bahwa, 87 persen mahasiswa di Indonesia mengaku salah memilih jurusan (ICCN: 2017). Tentu hal ini akan berdampak besar pada ketidakmaksimalan dalam proses perkuliahan, pekerjaan atau profesi yang akan digeluti.

Ada banyak faktor mahasiswa berkuliah tidak sesuai dengan minat dan bakatnya. Data menunjukkan hampir 50,55 persen adalah factor eksternal; yaitu karena dorongan orang tua yang menggebu-nggebu, pertemanan yang susah dipisahkan di antara para siswa SMA juga menjadi penyebab salah jurusan, dan bahkan ada yang menganggap akan memudahkan dalam mencari pekerjaan.

SD-1 Yayasan Pupuk Kaltim sebagai lembaga Pendidikan yang senantiasa berinovasi, selalu  menangkap permasalahan-permasalahan dunia Pendidikan dan berusaha mencari solusinya.  Sebagai bentuk inovasi dan jawaban terhadap permasalan Pendidikan saat ini, pada tahun pembelajaran 2020/2021 SD-1 Yayasan Pupuk Kaltim akan me-launching SEKOLAH RAMAH BAKAT.

Sekolah Ramah Bakat (SRB) mengacu pada konsep pendidikan berbasis fitrah (sifat asal, kesucian, bakat, dan pembawaan). Guru dan orang tua bertugas untuk membantu peserta didik tumbuh dan berkembang sesuai fitrahnya. Karena bakat adalah pola pikiran, perasaan, dan perilaku yang berulang-ulang, alami dan dapat dimanfaatkan untuk produktivitas.

Sebagai upaya membantu tumbuh kembang peserta didik sesuai fitrahnya, maka harus ada program berkelanjutan (istiqamah) yaitu:

  1. Tahap menemukan bakat dimulai dari kelas 1 s.d. kelas 6 SD.
  2. Tahap mengembangkan bakat yaitu pada saat memasuki SMP.
  3. Tahap kematangan yaitu saat masuk SMA, orang tua dan anak sudah mengetahui dan menyadari potensi dan bakat yang dimilikinya.

 

Untuk penjaringan bakat, para guru Yayasan Pupuk Kaltim telah melakukan workshop Sekolah Ramah Bakat langsung dengan pakarnya ibu Budi Hadiastuti pendiri Yayasan Indonesia Peduli, Praktisi Talents Mapping dan penulis buku Sekolah Ramah Bakat dari Jogjakarta.

Salah satu program yang akan dikembangkan di SD-1 Yayasan Pupuk Kaltim adalah Talents Mapping Programs yaitu program pemetaan untuk menemukan bakat (karakter unik) peserta didik secara berkelanjutan dari kelas 1 s.d. kelas 6 dengan instrumen Talents Mapping Observation (TMO) dengan mendeteksi  setidaknya 34 bakat sifat dan 15 bakat indrawi, potensi yang dimiliki peserta didik.

Harapan ke depan adalah dengan Sekolah Ramah Bakat, para peserta didik tidak merasa bersalah, karena salah jurusan saat kuliah dan bekerja, juga bagi orang tua, setelah mengetahui bakat putra-putrinya, mereka kelak akan memiliki kesadaran dan membantu melejitkan bakat fitrah atau potensi yang dimiliki putra-putrinya.

 

Tahun Pembelajaran 2020/2021

SD-1 Yayasan Pupuk Kaltim sebagai Pioner Sekolah Ramah Bakat

Membuka dua varian dalam kelas pembelajaran.

 

  1. Kelas Reguler
  2. Kelas Model

 

 

REGULAR CLASS                

Akan dibuka maksimal dua kelas.

 

Jam pembelajaran samapai jam 13.00,

kecuali hari Rabu samapai jam 15.00 wita.

 

Talents Mapping Programs sebagai program pemetaan untuk menemukan bakat (karakter unik) peserta didik secara berkelanjutan dari kelas 1 s.d. kelas 6 dengan instrumen Tallents Mapping Observation (TMO).

 

Pembelajaran tematik Project Based Learning (PBL) berwawasan lingkungan, belajar tidak terbatas hanya di ruang kelas.

Program Habituasi (Pembiasaan):

  • Ngaji UMMI
  • Duha Morning (Selasa dan Kamis)
  • Literasi Buku
  • Sarapan Sehat Bersama
  • Field Trip
  • Senam Sehat
  • Pramuka
  • Ekskul Pilihan: Tahfidz Quran, Renang, Atletik, Bulutangkis, Bola Basket, Karate, Sepak Bola, Catur, Menggambar, Menari, Angklung, Kulintang, English Club, Math Club, Dokcil club, Sains Club, Jurnalistik, dsb.

 

Mapel Bahasa Inggris

Mapel Komputer Kelas 4 s.d. Kelas 6

 

Catatan: untuk kelas reguler, setiap kegiatan keagamaan yang non Muslim menyesuaikan dengan kegiatan di ruang keagamaan masing-masing.

 

 

 

 

ISLAMIC MODEL CLASS

dibuka satu kelas.

Pembelajaran Full Day School.

Talents Mapping Programs sebagai program pemetaan untuk menemukan bakat (karakter unik) peserta didik secara berkelanjutan dari kelas 1 s.d. kelas 6 dengan instrumen Tallents Mapping Observation (TMO).

 

Pembelajaran tematik Project Based Learning (PBL) berwawasan lingkungan, belajar tidak terbatas hanya di ruang kelas.

Program Habituasi Keagamaan (setiap hari):

  • Tahfizul  Qur’an dan Tadabbur-nya.
  • Pembelajaran Diniyah Islamiyah: Kaligrafi Bahasa Arab, Fikih untuk Pemula, Nasyid, dan Tilawah.
  • Dhuha Morning (DM) dan doa belajar.
  • Shalat Zuhur berjamaah dan Zikir Asma'ul Husna.
  • Shalat Ashar berjamaah dan doa pulang.
  • Shalat Subuh berjamaah di sekolah + parenting (sebulan sekali).
  • Ekskul wajib memanah.
  • Literasi Buku
  • Sarapan Sehat Bersama
  • Field Trip (tadabbur alam)
  • Senam Sehat
  • Pramuka
  • Ekskul pilihan: Pramuka, Renang, Atletik, Bulutangkis, Bola Basket, Karate, Sepak Bola, Catur, Menggambar, Menari, Angklung, Kulintang, English Club, Math Club, Dokcil club, Sains Club, Jurnalistik, dsb.

 

Mapel Bahasa Inggris

Mapel Komputer Kelas 4 s.d. Kelas 6

 

IKlan 3